Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan judul karya tulis berikut! Pengaruh Narkoba

Perhatikan judul karya tulis berikut!

Pengaruh Narkoba Terhadap Perkembangan Kejiwaan

Paragraf pengantar yang tepat berdasarkan judul tersebut yaitu ....

A. Kebiasaan mengonsumsi narkoba sangat merugikan. Kerugian itu berupa gangguan fisik dan mental. Dengan begitu, jauhilah narkoba dan jangan mencoba menggunakannya. Sayangilah dirimu!
B. Melalui berbagai media massa, kita memperoleh informasi bahwa banyak kalangan menggunakan narkoba. Para remaja, mahasiswa, bahkan pejabat ada terlibat penggunaan dan peredaran narkoba. Hal ini sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, perlu dirumuskan langkah-langkah penanggulangannya.
C. Sehubungan dengan maraknya peredaran dan penggunaan narkoba di berbagai kalangan, pemerintah meningkatkan pengawasan terhadap lalu lalang pergerakan narkoba. Semua jajaran keamanan disiagakan termasuk tim khusus antinarkoba.
D. Sebaiknya, semua pihak harus waspada terhadap penyalahgunaan narkoba. Jangan sampai jatuh kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika sampai lengah, kita semua akan menanggung akibatnya. Bangsa akan merugi.
E. Narkoba memang sudah menyebar di kalangan warga Indonesia. Mereka tidak segan mengonsumsi narkoba untuk memuaskan hasrat. Yang tadinya hanya coba-coba, akhirnya menjadi kecanduan.

PEMBAHASAN:

Paragraf pengantar atau pembuka merupakan suatu jenis paragraf yang berfungsi untuk mengantarkan pembaca pada pokok persoalan yang akan dikemukakan. Paragraf pengantar termasuk kedalam kalimat induktif, artinya paragraf pengantar berisi kalimat deskriptif.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat berdasarkan pilihan diatas adalah pilihan A. Karena kalimatnya merupakan kalimat deskriptif dan tepat untuk digunakan di awal paragraf pembuka.

JAWABAN: A