Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ancaman dari luar berupa fenetrasi nilai-nilai budaya luar

Ancaman dari luar berupa fenetrasi nilai-nilai budaya luar sulit dibendung.Kemajuan teknologi informatika mengakibatkan dunia menjadi desa global tempat interaksi antar masyarakat duniaYang terjadi tidak hanya transfer informasi, tetapi juga transformasi dan sublimasi nilai-nilai luar secara serta merta sulit dikontrol. Berikut ini yang merupakan salah satu bentuk ancaman dibidang sosial budaya adalah ....

A. Semakin maraknya penyeludupan narkoba, imigran gelap masuk ke Indonesia.
B. Semakin mudahnya kita mendapatkan informasi dibidang apa saja dengankecanggihan teknologi informatika.
C. Semakin terpuruknya pendapatan pengusaha kecil di Indonesia, karena tidak mampu bersaing harga dengan produk luar.
D. Semakin maraknya perdebatan antar elit-elit politik yang berdampak pada menipisnya kepercayaan masyarakat kepada elit politik.
E. Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan gaya hidup individualistis,konsumerisme, dan permisif.

PEMBAHASAN:

Globalisasi sangat berdampak pada perubahan sosial budaya masyarakat indonesia. Karena kita tidak bisa membendung dan memilah buaya yang masuk, saat ini perubahan sikap sosial budaya masyarakat daerah indonesia mulai berubah. Diantaranya adalah semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal sehingga masyarakat saat ini lebih suka gaya hidup individualistis, konsumerisme, dan permisif.

JAWABAN: E