Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ekosistem - Satuan Ekosistem, Macam-Macam Ekosistem, dan Penyusun Ekosistem

Ekosistem - Satuan Ekosistem, Macam-Macam Ekosistem, dan Penyusun Ekosistem

Pada materi ekosistem ini, kamu akan mengenal satuan dalam ekosistem, macam-macam ekosistem, penyusun ekosistem, hingga pola interaksi organisme. Materi ekosistem juga merupakan materi yang sering muncul di soal ulangan atau soal ujian sekolah seperti ujian nasional (UN) atau asesmen kompetensi minimum (AKM).

Ekosistem sendiri merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Berikut hasil rangkuman saya mengenai ekosistem yang bisa anda pelajari.

Satuan Dalam Ekosistem

Ada beberapa satuan dalam ekosistem yang harus kamu tahu, yaitu:

Individu

Individu adalah makhluk hidup tunggal, contohnya adalah satu tanaman pisang, seekor kera, dan seorang anak perempuan.

Populasi

Populasi adalah sekumpulan individu yang sejenis yang hidup di suatu habitat tertentu. Habitat merupakan tempat hidup suatu organisme. Contoh populasi adalah beberapa kambing di kandang, serumpun tanaman bambu, dan 2 ekor kucing.

Komunitas

Komunitas adalah sekumpulan populasi yang berupa berbagai jenis makhluk hidup yang hidup bersama di habitat tertentu. Contohnya adalah populasi ikan, katak, ular, dan tanaman padi di sawah membentuk komunitas.

Macam-Macam Ekosistem

Berdasarkan proses pembentukannya, ekosistem dapat dibagi menjadi dua macam yakni:

1. Ekosistem Alamiah

Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alami contoh hutan danau dan sungai.

2. Ekosistem Buatan

Ekosistem buatan dan ekosistem yang dibuat oleh manusia contoh sawah kolam dan waduk.

Penyusun Ekosistem

Ada beberapa penyusun suatu ekosistem yakni sebagai berikut:

1. Komponen Biotik

Komponen biotik merupakan bagian ekosistem yang terdiri dari makhluk hidup. Berdasarkan fungsi di dalam ekosistem, komponen biotik dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu:

a. Produsen

adalah makhluk hidup penghasil bahan organik semua tumbuhan hijau merupakan produsen karena memiliki klorofil sebagai bentuk bahan organik melalui fotosintesis contoh tanaman padi kentang dan ganggang hijau

b. Konsumen

adalah makhluk hidup pemakai bahan organik. Contoh: manusia dan hewan. 

Konsumen dibedakan menjadi 3 tingkat yaitu:

  • Konsumen Tingkat Pertama (Primer). Konsumen primer merupakan makhluk hidup yang memperoleh makanan langsung dari produsen. Contoh: ulat dan belalang.
  • Konsumen Tingkat Kedua (Sekunder). Konsumen sekunder adalah makhluk hidup yang memperoleh makanan dari konsumen primer. Contoh: burung pemakan ulat.
  • Konsumen Tingkat ke-3 (Tersier). Konsumen tersier adalah makhluk hidup yang memperoleh makanan dari konsumen sekunder. Contoh: ular elang dan harimau.

c. Pengurai (dekomposer)

Sisa-sisa makhluk hidup lain bangkai atau sampah menjadi komponen penyusun tanah. Hasil penguraian merupakan makanan bagi tumbuhan. Contoh: jamur dan bakteri.

Berdasarkan jenis makanannya konsumen terdiri dari:

  • Herbivora merupakan hewan pemakan tumbuhan contoh kuda sapi dan kelinci.
  • Karnivora merupakan hewan pemakan Daging contoh harimau singa dan kucing.
  • Omnivora adalah hewan pemakan Segala jenis makanan contoh kera dan ayam.

2. Komponen Abiotik

Komponen abiotik merupakan komponen yang terdiri dari makhluk tak hidup. Komponen abiotik terdiri dari air, udara, tanah, cahaya, dan mineral. Organisme membutuhkan komponen abiotik untuk bertahan hidup.

Pola Interaksi Organisme

1. Simbiosis

Simbiosis adalah cara hidup bersama antara organisme yang saling berhubungan. Macam-macam simbiosis diantaranya:

a. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah cara hidup bersama saling menguntungkan antara dua individu makhluk hidup yang berlainan spesies. Contoh:

  • Ikan dan anemon laut. Ikan memperoleh tempat perlindungan predator dan anemon memperoleh sisa-sisa makanan dari ikan.
  • Lebah atau kupu-kupu dengan bunga. Lebah dan kupu-kupu menghisap madu dari bunga. Pada saat menghisap madu, sarangga tersebut juga membantu proses penyerbukan bunga.
  • Badak dengan burung jalak. Burung memakan kutu pada tubuh badak sehingga badak terbebas dari kutu yang menempel pada tubuhnya.

b. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah cara hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berlainan spesies, salah satu makhluk hidup yang memperoleh keuntungan dan makhluk hidup lain tidak dirugikan. Contoh:

  • Ikan remora dengan ikan hiu. Ikan remora selalu berada di samping ikan hiu agar terlindung dari predator sedangkan ikan hiu tidak diuntungkan dan tidak dirugikan.
  • Tumbuhan paku atau Anggrek dengan pohon inangnya. Tumbuhan paku atau anggrek menggunakan batang pohon sebagai tempat hidup. Pohon tersebut tidak dirugikan karena tumbuhan paku atau anggrek tidak mengambil sari makanan dari pohon. Batang pohon tersebut dinamakan inang.

c. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah cara hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berlainan spesies, salah satu makhluk hidup memperoleh keuntungan dan makhluk hidup lain dirugikan. Contoh:

  • Cacing pita dengan tubuh manusia. Cacing pita menempel didinding usus manusia dan menyerap sari makanan pada tubuh manusia
  • Benalu dengan pohon mangga. Benalu menyerap sari makanan yang ada pada pohon mangga (inang).

d. Simbiosis Amensalisme

Simbiosis amensalisme adalah cara hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berlainan spesies, salah satu makhluk hidup memperoleh kerugian dan makhluk hidup lain tidak dirugikan maupun tidak diuntungkan. Contoh tanaman kecil hidup dalam naungan tanaman besar.

2. Kompetisi

Kompetisi adalah persaingan makhluk hidup dalam satu ekosistem yang mempunyai persamaan kebutuhan. Contohnya adalah sebidang tanah terdapat rumput teki, rumput gajah, dan rumput ilalang. Rumput tersebut bersaing untuk mendapatkan zat-zat yang dibutuhkan untuk melangsungkan hidup.

3. Antibiosis

Antibiosis adalah cara hidup bersama antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda spesies dan makhluk hidup yang satu menghambat pertumbuhan makhluk hidup yang lain.

Itulah ringkasan dari materi ekosistem yang sudah dijabarkan sangat lengkap dari mulai satuan dalam ekosistem, macam-macam ekosistem, penyusun ekosistem, hingga pola interaksi organisme. Semoga rangkuman materi yang saya buat dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih sudah membaca artikel ini :)