Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tulislah Nomor Urut di Sebelah Kiri pada Setiap Paragraf

Halo bapak, ibu, dan adik-adik kelas 4 SD/MI, kali ini saya akan membagikan kunci jawaban untuk soal "Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!".

Detail Tugas

  • Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 - Indahnya Kebersamaan (Kurikulum 2013 Revisi 2017)
  • Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku
  • Pembelajaran 1 Halaman 3 

Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!

Perintah Soal

Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!

Penjelasan

Untuk menjawab soal diatas, bapak, ibu, dan adikt-adik harus membaca dulu teks yang berjudul "Pawai Budaya" pada buku paket halaman 1 sampai dengan halaman 2. Setelah membaca selanjutnya mengikuti perintah soal diatas:

  • Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5!
  • Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!

Kunci Jawaban

Setelah membaca petunjuk diatas, berikut saya sediakan juga kunci jawaban untuk perintah soal "Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!" pada buku paket halaman 3.

Soal 1: Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5.

Nomor UrutPawai Budaya
1Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.
2Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.
3Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
4Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.
5Udin dan temanteman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.

Soal 2: Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!

Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1?

Yang dibicarakan pada paragraf ke-1 adalah Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia.

Akhir Kata

Setelah membaca teks "Pawai Budaya" dan mengerjakan tugas diatas. Adik-adik dapat mengikuti arahan selanjutnya apabila diminta oleh guru.

  • Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas.
  • Catatlah komentar teman atau gurumu untuk perbaikan hasil kerja kelompokmu.

Catatan untuk adik-adik: Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang didukung oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.