Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Pemain Bola Basket - Posisi dan Tugasnya di Lapangan

Jumlah Pemain Bola Basket - Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya di Lapangan

Bola basket adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan jumlah pemain bola basket masing-masing tim berjumlah 5 orang. Hampir mirip dengan cabang olahraga lainnya seperti sepak bola, sebuah tim bola basket bisa memiliki banyak pemain. Olahraga bola basket diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1891, seorang guru olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat. Jadi olahraga bola basket berasal dari Amerika Serikat.

Jumlah Pemain Bola Basket

Banyak yang bertanya bola basket berapa orang, bola basket ada berapa orang. Sebenarnya bola basket terdiri atas lima pemain inti dan lima pemain cadangan. Jadi jika dijumlah semuanya total ada 10 pemain bola basket. Penggunaan 5 pemain untuk tiap regu pada bola basket sudah dilakukan sejak permainan bola basket ini ditemukan. Pertandingan bola basket dilaksanakan di dalam ruangan tertutup (indoor).

Informasi tambahan, jika umumnya permainan bola basket itu total 10 orang, yakni 5 pemain starter dan 5 pemain cadangan, di beberapa ajang yang lebih prestis ada sedikit perbedaan. Misalnya pada pertandingan bola basket yang terkenal yakni NBA, mereka menambahkan dua pemain cadangan lagi sehingga total pemain bola basket menjadi 12 orang dan 5 diantaranya pemain starter.

Alasan dari penyesuaian jumlah pemain ini dikarenakan olahraga ini memiliki intensitas gerakan yang sangat tinggi, sehingga sistem pergantiannya lebih bebas. Dengan begitu pemain yang sudah diganti dapat masuk kembali kapanpun sesuai keputusan pelatih.

Waktu Bermain Bola Basket

Untuk waktu bermain bola basket ada beberapa standar. Pada aturan FIBA (International Basketball Federation), waktu bermain bola basket adalah 4 x 10 menit atau total 40 menit yang terbagi menjadi 4  babak kuarter. Kuarter pertama dan kedua dinamakan babak pertama, kuarter ketiga dan keempat dinamakan babak kedua yang menjadi tanda pergantian tempat.

Tiap kuarter terdapat jeda istirahat 10 menit. Jika pertandingan terakhir imbang, maka dilanjutkan babak overtime hingga pemenangnya keluar. Waktu dalam bola basket juga fleksibel, artinya jika terjadi pelanggaran, free throw, dan insiden lainnya yang menyebabkan bola tidak dimainkan maka waktu akan dihentikan sebentara.

Di NBA waktu bermain standar adalah 4 x 12 menit sehingga lebih lama. Oleh karena itu juga pemain di NBA lebih banyak.

Menit Bermain Pemain Bola Basket

Perlu diketahui setiap pemain bola basket mendapatkan jatah menit bermain yang berbeda-beda. Untuk pemain starter, jika pertandingannya waktu normal (4 kali 12 menit / 48 menit) maka menit yang didapatkan biasanya kisaran 30-40 menit. Pemain yang lebih lama mendapat jatah biasanya pemain andalan atau pemain penting yang merupakan scorer.

Sedangkan untuk pemain pengganti biasanya mendapat jatah lebih sedikit, yang terbanyak seperti sixth man bisa mencapai 20-25 menit. Pemain cadangan disebut juga role player.

Posisi Pemain Bola Basket dan Tugas Pemain Bola Basket

Jumlah Pemain Bola Basket - Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya di Lapangan

Secara umum kategori pemain bola basket ada 3 kategori utama yakni Fordward, Guard, dan Center. Namun karena permainan ini menggunakan format 5 pemain, maka untuk posisi di lapangan, fordward dan guard terbagi lagi menjadi dua. Yakni forward-small - power fordward dan point guard - shooting guard. Untuk lebih jelas tugas setiap pemain bola basket adalah sebagai berikut.

1. Point Guard

Point guard dikenal sebagai pemain 1 atau pemain utama dalam permainan bola basket. Biasanya posisi ini ditempati oleh pemain dengan postur tubuh paling pendek dalam tim. Pemain PG ini sering disebut sebagai playmaker sekaligus biasanya menjadi kapten. Tugas utama point guard adalah mengatur srangan tim, mengontrol bola, dan memberikan umpan ke pemain lain untuk mencetak goal. Dalam situasi bertahan, tugas PG adalah sebagai lapisan pertahanan pertama dari serangan lawan.

2. Shooting Guard

Shooting guard biasanya ditempatti oleh pemain yang memiliki kemampuan menembak bola yang mumpuni. Karena tugas seorang shooting guard adalah melakukan shooting untuk mencetak gol dan mendapatkan point. SG juga harus memiliki keterampilan bertahan karena posisinya sebagai pemain kedua, artinya pertahanan kedua setelah point guard.

3. Small Fordward

Pemain diposisi ketiga ini bertugas untuk menolong dan mengambil bola mengambil peran PG yang dalam takanan lawan. Small fordward harus memiliki keterampilan satu lawan satu (on by one) dengan pemain lawan, melakukan dribel, bermain agresif, lincah, serta mampu mencetak poin. pemain yang berada di posisi biasanya memiliki keterampilan offensive yang bagus seperti lay-up, post-up, dunk, fadeaway jumper, hingga 3-point shoot.

4. Power Fordward

Power fordward adalah pemain yang bertugas menjadi pelindung area center serta menjadi pemain yang bermain di restricted area (paint area) untuk membentung serangan lawan sebagai defensive serta rebound balik saat fase offensive. Posisi ke empat ini biasanya ditempati oleh orang dengan postur tinggi dan fisik kuat.

5. Center

Pemain dengan posisi kelima adalah big man atau pemain center. Posisi ini biasanya ditempati oleh pemain yang memiliki postur tubuh tertinggi.  Tugas pokok pemain center adalah membendung serangan lawan dan menjaga daerah pertahanan. Kemampuan yang wajib dimiliki oleh center adalah memanfaatkan punggungnya menghalangi lawan dan menangkap bola pantul yang tidak masuk ring (rebound).

Demikian informasi mengenai jumlah pemain bola basket, posisi pemain bola basket, dan tugas pemain bola basket untuk masing masing posisi. Materi Bola Basktet ini sering muncul pada mapel Olahraga / PJOK atau Penjas. Bagi para penikmat basket sekarang anda sudah tahu waktu permainan dan jatah waktu untuk setiap pemain bola basket. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih.