Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25+ Soal Karya Ilmiah Kelas 11 PG dan Kunci Jawabannya

Karya Tulis Ilmiah adalah hasil penelitian dan pengembangan, tinjauan, ulasan, kajian, atau pemikiran oleh perseorangan atau kelompok yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis serta berlandaskan kaidah ilmiah. 

Materi ini dipelajari pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 11 untuk kurikulum 2013 revisi. Sebagai sarana latihan untuk mengasah konsep yang telah dipelajari disekolah, berikut ini 25+ soal karya tulis ilmiah beserta pembahasannya.

Soal Karya Ilmiah Kelas 11 Pilihan Ganda (PG) dan Kunci Jawabannya

1. Berikut ini yang merupakan bentuk penyajian karya ilmiah yaitu ....

  1. Populer, semiformal, formal
  2. Populer, sederhana, formal
  3. Sederhana, formal, semiformal
  4. Formal, biasa, populer
  5. Sederhana, biasa, populer

Jawaban: A - Pembahasan >

2. Karya ilmiah yang menggunakan bahasa santai dan umumnya dijumpai di media massa termasuk karya ilmiah dengan bentuk ....

  1. Formal
  2. Semiformal
  3. Populer
  4. Biasa
  5. Sederhana

Jawaban: C - Pembahasan >

3. Kata tanya yang digunakan dalam perumusan masalah karya ilmiah yaitu ....

  1. Apa, mengapa
  2. Siapa, dimana
  3. Kapan, bagaimana
  4. Mengapa, bagaimana
  5. Siapa, kapan

Jawaban: D - Pembahasan >

Perhatikan judul karya tulis ilmiah berikut!

Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri

4. Penulisan judul yang paling tepat adalah ....

  1. Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
  2. Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
  3. Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan kepercayaan diri
  4. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
  5. Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri

Jawaban: D - Pembahasan >

Perhatikan unsur karya tulis berikut!

(1) latar belakang
(2) pendahuluan
(3) simpulan
(4) pembahasan
(5) penutup

5. Sistematika yang tepat dari unsur-unsur karya tulis tersebut yaitu ....

  1. (1), (2), (3), (4), (5)
  2. (2), (3), (4), (5), (1)
  3. (3), (4), (5), (1), (2)
  4. (1), (3), (5), (4), (2)
  5. (2), (1), (4), (5), (3)

Jawaban: E - Pembahasan >

6. Penulisan karya ilmiah harus objektif dan faktual.
Yang dimaksud objektif yaitu ....

  1. Kebenarannya tidak imajinatif
  2. Pernyataan yang tidak didasari pandangan pribadi
  3. Dapat dipahami oleh akal sehat
  4. Susunan teratur
  5. Berdasarkan kenyataan sebenarnya

Jawaban: B - Pembahasan >

7. Berikut ini yang tidak termasuk sifat-sifat karya tulis ilmiah yaitu ....

  1. Karya ilmiah ditulis dalam bahasa indonesia yang baik dan benar.
  2. Karya ilmiah disusun secara sistematis dengan tata urutan yang jelas.
  3. Karya ilmiah dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat diterima akal sehat.
  4. Fakta yang digunakan dalam karya ilmiah harus dapat dipercaya.
  5. Karya ilmiah dilengkapi dengan imajinasi agar lebih menggugah perasaan.

Jawaban: E - Pembahasan >

8. Yang tidak termasuk jenis-jenis karya ilmiah yaitu ....

  1. Disertasi
  2. Tesis
  3. Puisi
  4. Tugas akhir
  5. Skripsi

Jawaban: C - Pembahasan >

9. Hal pertama yang harus disiapkan oleh seorang penulis karya ilmiah yaitu ....

  1. Menentukan topik
  2. Menentukan judul
  3. Mengembangkan kerangka
  4. Menentukan populasi
  5. Mengumpulkan bahan

Jawaban: A - Pembahasan >

10. Karya ilmiah yang dipersiapkan dalam seminar yaitu ....

  1. Tesis
  2. Skripsi
  3. Laporan
  4. Makalah
  5. Proposal

Jawaban: D - Pembahasan >

11. Yang bukan kaidah kebahasaan karya ilmiah yaitu ....

  1. Bahasa lugas
  2. Menggunakan kata impersonal
  3. Kalimat pasif
  4. Kata konotasi
  5. Bahasa reproduktif

Jawaban: D - Pembahasan >

12. Secara garis besar, karya ilmiah terdiri atas ....

  1. Pendahuluan, isi, penutup
  2. Pendahuluan, latar belakang, penutup
  3. Daftar isi, pendahuluan, penutup
  4. Kata pengantar, pendahuluan, isi
  5. Simpulan, isi, penutup

Jawaban: A - Pembahasan >

13. Metode penelitian yang bertujuan hanya menggambarkan fakta secara apa adanya yaitu ....

  1. Metode eksperimen
  2. Metode ceramah
  3. Metode kualitatif
  4. Metode diskriptif
  5. Metode analisis

Jawaban: D - Pembahasan >

Cermatilah tema karya tulis ilmiah berikut!

Budaya konsumerisme di kalangan remaja.

14. Judul karya tulis ilmiah yang paling tepat sesuai dengan topik tersebut yaitu ....

  1. Budaya Konsumerisme Mengapa Tidak?
  2. Budaya Konsumerisme Harus Dihilangkan
  3. Remaja Tak Perlu Budaya Konsumerisme
  4. Budaya Konsumerisme di Mata Para Remaja
  5. Pengaruh Budaya Konsumerisme dalam Kehidupan Remaja

Jawaban: E - Pembahasan >

Cermatilah data buku berikut ini!

Judul : Andy's Corner Penulis : Andy's F. Noya Penerbit : Bentang, Yogyakarta, 2009

15. Jika kita mengutip halaman 104 dari buku tersebut, penulisan catatan kaki yang tepat adalah ....

  1. Andy F. Noya, Andy's Corner, Yogyakarta, Bentang, 2009, hlm. 104.
  2. Noya, Andy F.2009. Andy's Corner. Yogyakarta : Bentang. hlm. 104.
  3. Noya, Andy F. Andy's Corner (Yogyakarta: Bentang, 2009), hlm.104.
  4. Andy F.Noya, Andy's Corner (Yogyakarta: Bentang,2009), hlm.104.
  5. Andy F.Noy2009. Andy's Corner. Yogyakarta: Bentang. hlm.104.

Jawaban: D - Pembahasan >

16. Kalimat permintaan yang tepat dalam kata pengantar karya tulis adalah ....

  1. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.
  2. Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Swt.
  3. Terima kasih atas segala bantuan dari Bapak/Ibu.
  4. Semua kritik dan saran Saudara kami tampung.
  5. Penulis mohon kritik yang membangun untuk perbaikkan karya tulis ini.

Jawaban: E - Pembahasan >

Cermatilah tema karya tulis ilmiah berikut!

Kaidah penulisan pantun sebagai puisi lama di kalangan para remaja.

17. Latar belakang berikut ini yang tidak sesuai dengan tema karya tulis tersebut adalah ....

  1. Banyak ditemukan bentuk-bentuk pantun yang tidak memenuhi aturan yang berlaku.
  2. Pantun sekarang tidak lagi dikenal masyarakat, terutama kaum muda.
  3. Acara "Berbalas Pantun" di televisi ternyata peminatnya sangat banyak.
  4. Banyak dijumpai pantun baru hasil ciptaan para remaja yang menarik.
  5. Banyak lagu yang syairnya ternyata berbentuk pantun.

Jawaban: C Pembahasan >

Perhatikan simpulan karya tulisan berikut!

Berdasarkan uraian-uraian tersebut, jelaslah bahwa minat dan apresiasi sastra siswa SMA terhadap puisi cukup tinggi.

18. Kalimat saran yang sesuai dengan simpulan isi karya tulis tersebut yaitu ....

  1. Hendaknya sekolah-sekolah mengundang para penyair untuk membacakan puisi-puisinya.
  2. Hendaknya pemerintah menyediakan gedung khusus pengembangan sastra.
  3. Hendaknya siswa SMA mengumpulkan bermacam-macam puisi dan membukukannya.
  4. Hendaknya lomba baca puisi dapat dijadikan kegiatan intrakurikuler dalam kurikulum sekolah.
  5. Hendaknya minat dan apresiasi puisi yang telah dimiliki siswa lebih dikembangkan lagi.

Jawaban: E Pembahasan >

19. Yang termasuk kalimat pasif yaitu ....

  1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor produksi kedelai.
  2. Metode yang digunakan yaitu studi lapangan dan wawancara.
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kedelai di Desa Raman Fajar, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur yaitu pendidikan, luas lahan, bimbingan, dan pelatihan.
  4. Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kedelai pada program swasembada kedelai nasional di Desa Raman Endra.
  5. Penelitian menunjukkan pendapatan total petani kedelai di Desa Raman Fajar, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur sebesar Rp. 1.493.290,00 per usaha tani.

Jawaban: B - Pembahasan >

20. Yang bukan kalimat denotasi yaitu ....

  1. Setelah berjam-jam lamanya, para pemadam kebakaran itu akhirnya memadamkan si jago merah.
  2. Ikan paus biru memiliki mulut besar yang mampu menelan sebuah kapal motor dan seluruh awaknya.
  3. Pria itu menaruh barang bawaannya di atas meja hijau yang ada di ruangan itu.
  4. Tulang rusuk berfungsi untuk melindungi organ-organ penting yang ada di dalam rongga dada.
  5. Para petinggi kantor itu mendapatkan hadiah berupa kursi empuk dari komisaris perusahaan.

Jawaban: A - Pembahasan >

Perhatikan informasi dibawah ini 

Judul : Membina Remaja
Pengarang : J. S. Badudu
Penerbitan : Pustaka Prima
Tahun terbit : 2000
Kota terbit : Bandung

21. Penulis daftar pustaka yang benar adalah ....

  1. Badudu, J. S. 2000. Membina Remaja Bandung: Pustaka Prima.
  2. J. S. Badudu. 2000. Membina Remaja Bandung: Pustaka Prima.
  3. J. S. Badudu. 2000. Membina Remaja Bandung: Pustaka Prima.
  4. Badudu, J. S. 2000. Membina Remaja Pustaka Prima : Bandung.
  5. Badudu, J. S. 2000. Membina Remaja Bandung: Pustaka Prima.

Jawaban: A - Pembahasan >

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1) dengan metode dan cara pembelaran yang tepat, prestasi anak-anak yang lambat belajar pun dapat melebihi anak yang berprestasi.

(2) sekolah harus lebih memvariasikan cara belajar untuk mendukung prestasi setiap siswanya.

(3) sangat sedikit pakar pendidikan yang mengakui bahwa anak-anak yang lambat belajar dapat berprestasi.

(4) sampai saat ini perhatian mereka hanya tertuju kepada anak-anak berprestasi.

22. Agar menjadi karya tulis yang padu, susunan yang tepat adalah ....

  1. (1)-(2)-(4)-(3)
  2. (2)-(3)-(1)-(4)
  3. (3)-(4)-(1)-(2)
  4. (4)-(1)-(3)-(2)
  5. (1)-(2)-(3)-(4)

Jawaban: C - Pembahasan >

Cermatilah kerangka karya tulis ilmiah berikut ini!

Bab 1 Pendahuluan

  1. Latar belakang
  2. Batasan masalah
  3. [ ....]
  4. Metode pengumpulan data
  5. Sistematika penulisan

23. Kerangka pendahuluan karya tulis tersebut perlu dilengkapi dengan ....

  1. Kata pengantar
  2. Pembahasaan
  3. Daftar isi
  4. Tujuan penulisan
  5. Rumusan masalah

Jawaban: E - Pembahasan >

Perhatikan judul karya tulis berikut!

Pengaruh Narkoba Terhadap Perkembangan Kejiwaan

24. Paragraf pengantar yang tepat berdasarkan judul tersebut yaitu ....

  1. Kebiasaan mengonsumsi narkoba sangat merugikan. Kerugian itu berupa gangguan fisik dan mental. Dengan begitu, jauhilah narkoba dan jangan mencoba menggunakannySayangilah dirimu!
  2. Melalui berbagai media massa, kita memperoleh informasi bahwa banyak kalangan menggunakan narkoba Para remaja, mahasiswa, bahkan pejabat ada terlibat penggunaan dan peredaran narkobHal ini sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, perlu dirumuskan langkah-langkah penanggulangannya.
  3. Sehubungan dengan maraknya peredaran dan penggunaan narkoba di berbagai kalangan, pemerintah meningkatkan pengawasan terhadap lalu lalang pergerakan narkobSemua jajaran keamanan disiagakan termasuk tim khusus antinarkoba.
  4. Sebaiknya, semua pihak harus waspada terhadap penyalahgunaan narkobJangan sampai jatuh kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawaJika sampai lengah, kita semua akan menanggung akibatnya. Bangsa akan merugi.
  5. Narkoba memang sudah menyebar di kalangan warga Indonesia Mereka tidak segan mengonsumsi narkoba untuk memuaskan hasrat. Yang tadinya hanya coba-coba, akhirnya menjadi kecanduan.

Jawaban: A - Pembahasan >

Cermatilah latar belakang karya ilmiah berikut!

(1) Maraknya tayangan film-film asing di stasiun televisi.

(2) Cerita dan adegan dalam film asing banyak mengadung unsur budaya yang bertentangan dengan budaya Indonesia.

25. Judul makalah yang sesuai berdasarkan latar belakang tersebut yaitu ....

  1. Usaha-Usaha Apakah yang Perlu Dilakukan untuk Menangkal Pengaruh Negatif TV?
  2. Usaha-Usaha Pencegahan Lunturnya Jati Diri Bangsa Akibat Pengaruh Negatif Budaya Asing Dalam Film Televisi
  3. Usaha-Usaha Pemerintah untuk Menangkal Lunturnya Jati Diri Bangsa Akibat Pengaruh Negatif Budaya Asing dalam Film Televisi
  4. Usaha-Usaha Apakah yang perlu dilakukan Sekolah untuk Menangkal Pengaruh Negatif Budaya Asing dalam film televisi?
  5. Alasan Mengapa Remaja Lebih Menyukai Film Televisi padahal Terdapat Pengaruh Negatif Budaya Asing

Jawaban: B - Pembahasan >

Cermatilah latar belakang karya ilmiah berikut!

Limbah kemasan plastik selama ini menjadi masalah. Limbah plastik itu ternyata dapat menjadi sumber tambahan pendapatan bagi keluargLimbah plastik dapat bermanfaat jika dikelola dengan cara daur ulang.

26. Rumusan masalah yang tepat dari latar belakang tersebut yaitu ....

  1. Siapa yang mengelola limbah kemasan plastik?
  2. Bagaimana pengelolaan limbah kemasan plastik menjadi bermanfaat?
  3. Apa saja yang termasuk limbah plastik?
  4. Di mana pengelolaan limbah kemasan plastik yang terbaik?
  5. Berapa jumlah limbah kemasan plastik setiap bulannya?

Jawaban: B - Pembahasan >

Cermatilah kutipan berikut!

Adapun di dalam karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi di mana lebih efektif dan efisien.

27. Perbaikan yang tepat dari kalimat di atas yaitu ....

  1. Di dalam karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi yang lebih efektif.
  2. Adapun karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi yang efektif dan efiesien.
  3. Dalam karya tulis ini akan dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.
  4. Karya tulis ini akan dibahas energi altenatif yang lebih efektif dan efisien.
  5. Adapun dalam karya tulis ini dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.

Jawaban: C - Pembahasan >

Cermatilah kutipan berikut!

Penanya : "Bagaimana caranya kita sebagai remaja dapat terhindar dari dampak negatif penggunaan teknologi elektronik masa kini?"

Penyaji : "Dengan memanfaatkan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan."

28. Informasi yang terdapat dalam kutipan dialog tersebut yaitu ....

  1. Penjelasan tentang dampak negatif penggunaan teknologi
  2. Penjelasan tentang dampak positif penggunaan teknologi
  3. Alasan diperlukannya teknologi elektronik
  4. Solusi permanfaatan teknologi elektronik
  5. Macam-macam teknologi elektronik

Jawaban: D - Pembahasan >

Cermatilah kutipan berikut!

Pada jaman global seperti sekarang ini kita dituntut aktif mengikuti perkembangan teknologi.

29. Kata tidak baku dalam kutipan tersebut yaitu ....

  1. Jaman
  2. Seperti
  3. Aktif
  4. Teknologi
  5. Pada

Jawaban: A - Pembahasan >

Itulah 25+ kumpulan soal tentang karya tulis ilmiah (KTI) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 11 kurikulum 2013 revisi beserta kunci jawaban dan pembahasannya.